Senin, 09 Mei 2016

LOMBOK MADE IN HEAVEN

PENDAHULUAN
Kali ini saya akan mengulas perjalanan 4 hari, 4 malam  selama di Lombok, tanggal 4 – 8 Mei 2016.

Perjalanan di Mulai dari Rumah Jam 14.30, asumsi saya maksimal 1 jam sudah sampai bandara. Jadwal terbang jam 18.10 menit. Saya dan keluarga berangkat lebih awal, untuk menghindari kemacetan karena Long Weekend. Ternyata dugaan saya benar, kemacetan luar biasa di jalan tol menuju bandara. Sampai bandara jam 17.15 menit, Injury Time. Sangat mepet waktunya. Saya dan keluarga pilih Penerbangan terbaik, dengan pertimbangan tidak akan delay. Masalah kemudian muncul. Ketika Check In, Petugas tidak mengecek tiket anak saya yang masih bayi (Infant), akibatnya ketika hendak masuk pesawat di tolak sama petugasnya, sehingga istri saya harus balik ke bagian Informasi untuk Print Boarding Pass anak saya. Jadwal penerbangan mengalami delay sekitar 10-15 menit.

Sesampai di Bandara Internasional Lombok,  timbul masalah baru, Bagasi saya tidak ada, setelah di lakukan pengecekan, di bukti penerimaan bagasi tertulis bagasi saya terbang ke Pontianak. Saya dan keluarga melakukan claim. Karena pakaian saya, istri saya dan dua anaknya saya ada di Koper semua, maka malam pertama tidur di Hotel, kami tidur menggunakan pakaian yang ada di badan, saya pribadi tidak dapat tidur karena was-was koper saya tidak kembali.

HARI PERTAMA

Kami menginap di Hotel Fortune, di kota Mataram. Pagi harinya, selesai sarapan saya jalan-jalan di kota Lombok, untuk membeli pakaian salin. Karena masih terlalu pagi, toko-toko pakaian belum pada buka, akhirnya saya membeli pakaian seadanya di salah satu Mini Market. Beruntung pulang ke Hotel, di depan hotel banyak pedagang asongan yang menjual souvenir dan kaos-kaos Lombok. Akhirnya kami membelinya, masing-masing satu buah, dengan pertimbangan nanti siang / sore koper kami sudah kembali.

Jam 8.30 kami berangkat menuju Pelabuhan Tanjung Luar, untuk mengunjungi Obyek Wisata Pantai Pink dan Melihat Pulau Pasir. Perjalanan di tempuh menggunakan Bis sekitar 2,5 jam menuju Lombok Timur. Sesampainya di Pelabuhan kami berikut Rombongan menyewa Longboat untuk menyebrang. Perjalanan menuju pantai Pink dengan Longboat di tempuh sekitar 40 Menit. Satu kata yang ingin saya sampaikan “SUBHANALLAH” sungguh luar biasa ciptaan Allah. Selama diperjalanan, kami melihat pemandangan yang luar biasa Indah dan Unik, diantaranya Pulau Pasir, yaitu pulau yang hanya terlihat jika air sedang surut, dan banyak Bintang Laut di sekitar Pulau tersebut.

Sesampainya di Pantai Pink, kami menyewa Sepeda Motor untuk menuju bukit, agar bisa melihat keindahan dari atas bukit, sekaligus mengabadikannya. Inilah hasilnya :

Oya, pantai Pink ini di sebut juga pantai Tangsi, konon katanya di daerah ini pernah di Jadikan barak tentara jepang. Di atas bukit, selain bisa menikmati pemandangan di bawah, kami pun melihat sebuah Meriam peninggalan jaman jepang.

Selepas menikmati Indahnya pantai Pink serta, ikan dan Kepiting bakar yang disediakan salah satu warung di sekitar Pantai, kami kembali pulang. Kali ini kami mampir untuk melakukan snorkeling, melihat terumbu karang di wilayah tidak jauh dari pantai Pink. Setelah puas snorkeling, kami mampir sejenak ke Pulau Pasir, yang kebetulan airnya sedang surut dan bermain-main sebentar dengan Bintang Laut ada di sekitar pulau Pasir. Banyak keunikan disekitar pantai Pink. Kami banyak melihat para pemancing ikan yang memancing tanpa mengunakan kapal, tapi berdiri agak di tengah laut, yang ternyata jika sedang surut kita bisa jalan lebih jauh ke tengah laut.

Di tengah perjalanan kami mendapat telepon, jika koper kami sudah bisa di ambil di Bandara. Kami bersyukur, akhirnya kami dapat menikmati wisata dengan perasaan tenang, tanpa khawatir lagi. Kami sampai di hotel sekitar jam 9 malam, karena di beberapa tempat kami mampir, di antaranya di salah satu restaurant yang menjual ayam taliwang yaitu LESEHAN TALIWANG IRAMA serta di SASAKU, salah satu pusat souvenir khas Lombok.

HARI KEDUA

Agenda hari kedua adalah menuju Gili Trawangan dan Gili Air. Kami berangkat menuju pelabuhan Teluk Nara. Perjalanan sekitar 45 menit melewati pantai Senggigi, sesampai di pelabuhan Teluk Nara, perjalanan di lanjutkan menggunakan Speed Boat, sekitar 30 menit. Kami menuju penginapan yaitu Hotel Villa Ombak, untuk menyimpan barang-barang bawaan. Setelah menitipkan barang bawaan, kami berganti longboat menuju Gili Air. Berhubung hari kedua adalah hari Jumat, maka kami melakukan sholat jumat di Gili Air. Gili Air berbeda dengan Gili Trawangan, walaupun sama-sama dipenuhi turis asing, Gili Air lebih tenang, lebih alami, di bandingkan Gili Trawangan.

Selepas sholat jumat dan makan siang, kami kembali menuju Gili Trawangan, di tengah laut kami berhenti untuk snorkeling. Bagi yang tidak ikut snorkeling, bisa menikmati indahnya terumbu karang beserta ikan-ikannya melalui longboat yang di beri kaca di alasnya, sehingga bisa melihat langsung ke bawah.

Kami istirahat di Hotel Villa Ombak, sementara anak-anak asyik berenang di Kolam Renang yang disediakan Hotel. Sore hari kami menuju Ombak Sunset, sisi barat Gili Trawangan untuk menikmati sunset. Kami berusaha menyewa sepeda, tapi tidak berhasil, karena sudah dibooking semua, begitupun dengan Cidomo hanya anak yang paling kecil dan istri yang akhirnya naik Cidomo (Delman khas Lombok), sehingga saya dan anak yang paling besar usia 7 tahun harus berjalan mengitari pulau sekitar 30 menit, lumayan melelahkan. Beruntung masih sempat menikmati sunset, badan yang lelah terasa hilang menikmati indahnya sunset. Pulangnya kami naik Cidomo hingga ke tempat makan dan penginapan.

HARI KETIGA

Sabtu 7 Mei 2016, tepatnya jam 09.00 kami meninggalkan Gili Trawangan, kembali ke dermaga Teluk Nara, untuk selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju obyek wisata Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Berada di desa Senaru di kaki gunung Rinjani. Perjalanan dari Dermaga Teluk Nara memakan waktu sekitar 1,5 jam. Setiba di lokasi, kami mampir ke salah satu restaurant untuk makan siang dan shalat dhuhur, selanjutnya menuju obyek wisata yang pertama yaitu air terjun Sendang Gile.

Untuk ke lokasi kami harus menuruni anak tangga sekitar kurang lebih 300 anak tangga. Setiap melewati beberapa anak tangga, kami melihat gazebo untuk istirahat, namun kami tidak berani lama-lama beristirahat karena banyak monyet liar berkeliaran. Memang mereka tidak mengganggu bahkan anak-anak sempat berfoto bersama, namun jika kami lengah bukan tidak mungkin barang bawaan kami di ambil.

Sampai di dasar air terjun, kami menikmati Indahnya ciptaan Allah SWT. Lagi-lagi kami hanya bisa mengucapkan “Subhanallah” betapa sempurnanya ciptaan Allah SWT. Rombongan melanjutkan perjalanan menuju air terjun Tiu Kelep. Menurut informasi air terjun ini lebih Indah dan lebih alami. Sayang kami tidak bisa ikut, mengingat medannya yang tidak memungkinkan untuk membawa anak kecil ke sana, karena harus menyebrangi sungai. Akhirnya saya beserta keluarga kembali ke atas untuk menunggu rombongan.

Perjalanan hari ketiga di akhiri dengan perjalanan pulang ke hotel, di tengah perjalanan kami mampir ke tempat penjualan Mutiara. Kami hanya bisa menikmati indahnya mutiara, untuk membelinya rasanya tidak memungkinkan karena untuk mutiara yang dipajang di sini adalah mutiara kelas 1, yang harganya lumayan. Dari tempat mutiara, kami mampir ke wilayah senggigi, tepatnya dipusat oleh-oleh Kaos dan Souvenir. Kami membeli beberapa souvenir seperti Songket, Peci, Kaos-kaos dan beberapa souvenir lainnya.

Kami sampai di hotel jam 9 malam. Selanjutnya kami istirahat untuk persiapan pulang besok pagi ke Jakarta.

HARI KE EMPAT

Jam 05.30 kami siap-siap check out meninggalkan hotel, karena kami harus terbang jam 09.20 menit. Kami masih sempat membeli oleh-oleh yaitu beberapa buah sarung motif songket serta beberapa kaos dan kopi Lombok. Tepat jam 09.20 kami meninggalkan Lombok.

Selamat Tinggal Lombok. Walaupun di awal agak sedikit kendala tapi kami sangat puas atas perjalanan kali ini. Tidak salah jika semboyan “LOMBOK MADE IN HEAVEN” di sematkan, karena alamnya yang begitu indah dan orang-orangnya yang ramah-ramah. Terima Kasih.

Kamis, 24 Oktober 2013

SAJAK IBUNDA (WS. RENDRA)

Mengenangkan ibu adalah mengenang buah-buahan.
Istri adalah makanan utama. pacar adalah lauk pauk.
dan Ibu adalah pelengkap sempurna. kenduri besar kehidupan.

Wajahnya adalah langit senjakala keagungan hari yang telah merampungkan tugasnya.
Suaranya menjadi gema dari bisikan hati nuraniku.

Mengingat ibu, aku melihat janji baik kehidupan.
Mendengar suara ibu, aku percaya akan kebaikan hati manusia.
Melihat foto ibu, aku mewarisi naluri kejadian alam semesta.

Berbicara dengan kamu, saudara-saudaraku, aku pun ingat bahwa kamu juga punya ibu.
Aku jabat tanganmu, aku peluk kamu di dalam persahabatan.
Kita tidak ingin saling menyakitkan hati, agar kita kita tidak saling menghina ibu kita masing-masing yang selalu, bagai bumi, air dan langit,membela kita dengan kewajaran.

Maling punya ibu. Pembunuh punya ibu.demikian pula koruptor, tiran, facist,wartawan amplop, dan anggota parlemen yang dibeli, mereka pun juga punya ibu.
Macam manakah ibu mereka? apakah ibu mereka bukan merpati di langit jiwa? apakah ibu mereka bukan pintu kepada alam?

Ibu, kini aku mengerti nilaimu.
Kamu adalah tugu kehidupanku, yang tidak dibikin-bikin dan hambar seperti Monas dan Taman Mini.
Kamu adalah Indonesia raya.
Kamu adalah hujan yang kulihat di desa.
Kamu adalah hutan di sekitar telaga.
Kamu adalah teratai kedamaian samadhi.
Kamu adalah kidung rakyat jelata.
Kamu adalah kiblat hati nurani di dalam kelakuanku

Selasa, 22 Oktober 2013

JANGAN TAKUT IBU (WS. RENDRA)

Matahari musti terbit. Matahari musti terbenam.
Melewati hari-hari yang fana ada kanker payudara, ada encok,dan ada uban.
Ada gubernur sarapan bangkai buruh pabrik, Bupati mengunyah aspal, Anak-anak sekolah dijadikan bonsai.

Jangan takut, Ibu! Kita harus bertahan. Karena ketakutan meningkatkan penindasan.

Manusia musti lahir. Manusia musti mati.
Di antara kelahiran dan kematian bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki, serdadu-serdadu Jepang memanggal kepala patriot-patriot Asia,
Ku Klux Klan membakar gereja orang Negro, Terotis Amerika meledakkan bom di Oklahoma
Memanggang orangtua, ibu-ibu dan bayi-bayi, di Miami turis Eropa dirampok dan dibunuh,
serdadu Inggris membantai para pemuda di Irlandia,
orang Irlandia meledakkan bom di London yang tidak aman.

Jangan takut, Ibu! Jangan mau gigertak.
Jangan mau diancam.
Karena ketakutan meningkatkan penjajahan.

Sungai waktu menghanyutkan keluh-kesah mimpi yang meranggas.
Keringat bumi yang menyangga peradaban insane Menjadi uranium dan mercury.
Tetapi jangan takut, ibu! Bulan bagai alis mata terbit di ulu hati.

Rasi Bima Sakti berzikir di dahi.
Aku cium tanganmu, Ibu! Rahim dan susumu adalah persemaian harapan.
Kekuatan ajaib insan Dari zaman ke zaman.

Jumat, 25 November 2011

Foto-foto Daffa di Kediri

Meningkatkan Kreativitas Anak

Anak adalah titipan dari Allah SWT. Kewajiban bagi orang tua untuk memberikan pendidikan yang baik sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Anak Usia Dini adalah generasi penerus, oleh karena itu perlu mendapatkan perhatian, pertumbuhan dan perkembangan baik fisik, agama, motorik dan sosialisasi dengan lingkungannya. Hal ini penting karena memberikan pendidikan pada anak-anak sejak dini, memungkinkan mereka lebih mudah menerima dan menyerapnya. Anak harus dibentuk kepribadiannya sejak usia dini. Dalam hal ini dengan diberikan pendidikan dan rangsangan yang positif maka kemampuan pada anak yang satu akan berbeda dari anak yang lain, walaupun usia yang sama.

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan adalah meningkatkan kreativitas anak. Meningkatkan kreativitas dengan baik merupakan prestasi seseorang yang paling berharga. Semakin kreatif anak maka makin mudah bagi anak untuk menyerap materi pembelajaran yang diberikan. Peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain sambil belajar. Melalui bermain anak dapat mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya

Senin, 16 Agustus 2010

PENTINGNYA KONSEP DIRI DALAM BELAJAR

Pelaksanaan pendidikan Indonesia mengarah pada tercapainya tujuan umum pendidikan nasional serta “perkembangan potensi anak didik secara optimal”. Tujuan pendidikan memuat memuat gambaran tentang nilai-nilai yang baik, luhur, pantas, benar dan indah untuk kehidupan. (Umar Tirtarahardja. 2005. Pengantar Pendidikan). Makna perkembangan potensi anak didik seringkali diartikan oleh adanya perkembangan hasil belajarnya. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar dijadikan sebagai tolak ukur adanya perkembangan potensi anak didik.

Setiap orang tua pasti mengharapkan anaknya pintar, cerdas, dan mampu menyelesaikan tugas-tugas akademik sekolah dengan baik, sukur-sukur rangking satu. Harapan inilah yang menyebabkan orang tua berlomba-lomba memfasilitasi berbagai macam keperluan anak, termasuk les privat berbagai macam. Harapannya agar anak menjadi siswa seperti yang diharapkan. Meskipun sudah dileskan berbagai macam pelajaran, masih banyak anak yang berprestasi rendah padahal orang tua sudah berusaha maksimal memberikan fasilitas pendidikan kepada anak-anaknya. Dibalik perbedaan tersebut, banyak faktor yang mempengaruhi dan menyebabkan mengapa setiap siswa memiliki hasil belajar yang berbeda-beda.

Salah satunya adalah konsep diri yaitu bagaimana seorang siswa memandang dirinya secara utuh, konsep diri siswa akan memberikan arah untuk menemukan dan menentukan cara-cara mencapai prestasi belajar yang diharapkan sekolah. Konsep diri (self consept) merupakan suatu bagian yang penting dalam kepribadian manusia. Konsep diri merupakan sifat yang terdapat pada manusia.

Konsep diri merupakan penilaian tentang kemampuan seseorang dalam menilai dirinya sendiri. Manusia sebagai organisme yang memiliki dorongan untuk berkembang yang pada akhirnya menyebabkan ia sadar akan keberadaan dirinya. Perkembangan yang berlangsung tersebut kemudian membantu pembentukan konsep diri individu yang bersangkutan.
Konsep Diri diartikan sebagai gambaran seseorang mengenai diri sendiri yang merupakan gabungan dari keyakinan fisik, psikologis, sosial, emosional aspiratif, dan prestasi yang mereka capai. ( M. Nur Ghufron & Rini Risnawati : 2010). Konsep diri merupakan bagian penting dalam perkembangan kepribadian. Secara umum Greenwald (Syamsul Bachri Thalib : 2010) menjelaskan bahwa konsep diri sebagai suatu organisasi dinamis didefinisikan sebagai skema kognitif tentang diri sendiri yang mencakup sifat-sifat, nilai-nilai, peristiwa-peristiwa dan memori semantik tentang diri sendiri serta kontrol terhadap pengolahan informasi diri yang relevan.

Seorang siswa yang memiliki konsep diri yang positif akan mampu mengikuti pelajaran, menghadapi segala rintangan, semangat dalam menjalankan aktivitas serta memandang lingkungannya dengan cara positif. Sebaliknya seorang siswa yang memiliki konsep diri yang negative cenderung pasif dalam menjalankan aktivitas, mudah putus asa serta malas dalam menghadapi tantangan hidup. Siswa yang memiliki konsep diri negative pasrah akan kemampuannya.

Namun demikian, konsep diri bukanlah harga mati. Konsep diri seseorang dapat berubah sesuai dengan kondisi lingkungan termasuk orang-orang disekitarnya yang dapat mempengaruhi cara pandang orang tersebut. Jika seseorang berada dilingkungan yang baik, lambat laun cara berpikir dan pandangan hidupnya berubah kearah yang lebih baik.

Begitu pentingnya konsep diri baik seorang siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya, maka semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan termasuk orang tua siswa bersama-sama membentuk konsep diri yang positif, sehingga siswa memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Senin, 12 Juli 2010

Motivasi Kerja

Seorang Pegawai rajin datang ke kantor paling pagi dibandingkan pegawai lainnya, berusaha menyelesaikan kerja seefektif dan seefisien mungkin, atau seorang pedagang asongan bermandi peluh menjajakan dagangannya di siang hari bolong, semuanya itu pasti ada motifnya.

Apapun yang diperbuat seseorang, bermanfaat atau kurang bermanfaat, penting ataupun kurang penting, biasa maupun tidak biasa, selalu ada motivasinya. Juga dalam belajar, motivasi itu sangat penting. Motivasi adalah syarat mutlak untuk melaksanakan suatu pekerjaan.

Kata motivasi bisa berarti dorongan, atau sebab seseorang melakukan suatu pekerjaan. Seorang pedagang, tukang parkir, atau pekerja lainnya termotivasi untuk bekerja karena untuk memenuhi kebutuhan hidupnya atau faktor lainnya seperti adanya keinginan mencapai sesuatu.

Pengertian motif dan motivasi sukar dibedakan, M. Ngalim Purwanto dalam bukunya Psikologi Pendidikan (2010 : 60), mengatakan bahwa motif adalah : “sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu“
Sartain dalam bukunya Psychology Understanding of Human Behaviour seperti dikutip M. Ngalim Purwanto (2010 : 60) mendefinisikan : Motif adalah suatu pernyataan yang kompleks di dalam suatu organisme yang mengarahkan tingkah laku/perbuatan ke suatu tujuan atau perangsang.“
Sedangkan definisi menurut Wahjosumidjo dalam buku Kepemimpinan dan Motivasi (1987 : 174) menyatakan bahwa : “Motivasi merupakan suatu proses psikologis yang mencerminkan interaksi antara sikap, kebutuhan, persepsi, dan keputusan yang terjadi pada diri seseorang.“

Motivasi dapat mendorong karyawan untuk bekerja keras sesuai dengan target yang diharapkan. Hal tersebut tentunya menguntungkan perusahaan dimana karyawan tersebut bekerja. Motivasi dapat bersumber dari dalam diri karyawan itu sendiri maupun dari luar. .Di suatu perusahaan biasanya aspek yang berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan,yakni : Kesejahteraan (gaji, tunj. Kesehatan, tunj. Transport, THR, dsb), suasana bekerja yang menyenangkan, rasa aman dalam bekerja, penilaian yang bijaksana dari pimpinan, atau jenjang kerja.

Motivasi dapat meningkatkan kinerja para karyawan. kinerja menuntut adanya pengekspresian potensi seseorang secara menyeluruh. Oleh karena itu motivasi dari seorang manajer atau pimpinan suatu perusahaan akan menjadi penting dalam rangka mengoptimalkan potensi seseorang. Sebaliknya, jika seorang manajer atau pimpinan tidak mampu memotivasi karyawannya, maka tunggulah kehancuran perusahaan tersebut.